Idola Anak Muda

 

 

 

 

OTOMOTIFNET – Wajar bila Suzuki Satria FU diidolakan banyak anak muda. Pasalnya, terkenal dengan performa kencang untuk ukuran motor bebek. Hal ini lantaran teknologi mesin anyar yang disandang dan bobot motor tergolong ringan.

Mari kita amati spesifikasi motor generasi awal Satria FU 150 yang punya ciri belum dilengkapi dengan electric starter. Tenaga standar mencapai 16 dk/9.500 rpm dan torsi maksimum yang dicapai 12,45 Nm/8.500 rpm.

Tenaga dan torsi tersebut dihasilkan oleh komposisi diameter piston 62 mm x panjang langkah 48,8 mm. Langkah isap dan ruang bahan bakar dilayani 4 klep yang digerakkan oleh 2 buah kem alias DOHC.

Selain kecanggihan mesinnya, Satria FU juga dilengkapi fitur-fitur menarik. Di antaranya adalah sokbreker depan model teleskopik panjang mirip motor sport sehingga disebut ayam jago.

Sedangkan sokbreker belakang monosok. Kemudian spidometer yang disandang sudah digital. Sistem pengereman depan belakang sudah tipe cakram, tentu untuk mengimbangi kemampuan mesin yang memang lumayan beringas.

Tertarik dengan motor ini? Untuk keluaran tahun 2005 yang unitnya masih CBU dari Thailand di gerai motkas dihargai sekitar Rp 11,5 Juta.

“Tergantung dari kondisinya juga, untuk harga tersebut dengan kondisi masih mulus,” terang Bahrun dari Gallery Motor di Jl. Raya Condet No. 50 Pasar Rebo Jaktim.

MENAKAR BIAYA SERVIS

Dengan umur pemakaian yang sudah mencapai 4 tahun ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Terutama adalah bagian mesin.“Yang utama adalah membersihkan ruang bakar karena kerak dipastikan sudah me­numpuk. Apalagi kita tidak tahu karakter pemakai sebelumnya. Untuk idealnya sih tiap 15.000 km kepala silinder dibersihkan,” terang Wawan Setiawan pemilik bengkel WMC di Ciledug, Tangerang, Banten.

Kemudian cek juga bagian lain seperti layaknya servis rutin, di antaranya bersihkan karburator, filter, dan busi. “Jangan lupa cek pula keteng, tensioner, beserta tensioner lifternya karena ini salah satu kelemahan Satria FU,” tambah mekanik asli Purwokerto ini. Selanjutnya cek juga kondisi gir dan rantai, kampas kopling, kabel kopling serta kabel gas.

SIMULASI KREDIT

Tertarik untuk memilikinya namun enggan bayar cash? Bisa kredit kok. Dengan harga Rp 11,5 Juta, untuk ilustrasi bila DP Rp 5 Juta dan ingin mengangsur selama 2 tahun maka tiap bulan harus menyetor uang sebanyak Rp 472.500.

Tapi yang perlu diingat adalah nilai DP dan tenor bisa diubah sesuai kemampuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s