Suzuki Satria FU-150 Ganti Rangka Almu

Modif Suzuki Satria FU-150 2005 (Nusa Tenggara Timur)

Biasanya basic modifikasi supermoto diambil dari besutan genre trail atau motor sport. Selain lebih mudah menggarapnya, ubahan yang dilakukan hanya seputar kaki-kaki. Tapi, Jemi Tansatrisna yang berasal dari Bajawa, Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) berpandangan lain. Dia sukses mewujudkan supermoto sensasional dengan hanya mengandalkan Suzuki Satria F-150.

Pantas tampilan Satria FU ini penuh sensasi, lihat saja yang diambil dari motor hanya mesin. Sisanya mulai dari rangka dan kaki-kaki mengandalkan copotan limbah. Secara keseluruhan sudah mengadopsi tampilan Yamaha RMZ 450.

Aplikasi rangka almu atau aluminium untuk supermoto dengan basic Satria F-150 tergolong baru pertama kali dilakukan. “Melihat motor setelah jadi, modifikasinya kelihatan simpel, tapi juga banyak ubahan di seputar rangka,” terang Lerry Rahmat Rizky dari Caos Custom Bike (CCB).

Rangka Suzuki RMZ 450 2006 yang merupkan trail special engine (SE) didatangkan utuh dari luar negeri. Sedikit terkendala pada proses pemasangan mesin ke rangka. Harus kompromi dengan braket sebagai pengikat mesin.

Berbeda bila andalkan frame besi, untuk bikin dudukan atau braket mesin bisa mengandalkan las listrik. “Kalau bahan aluminium harus pakai las khusus, apalagi untuk rangka, alat las nggak sembarang- an karena berhubungan dengan safety,” urai modifikator yang mengerjakan braket mesin ini langsung di pabrik Suzuki.

Ada beberapa titik ubahan rangka untuk meyesuaikan dengan dudukan mesin F-150. Pada bagian belakang dan atas mesin harus disesuaikan.

Untuk breket bagian atas mesin malah lebih repot pengerjaannya. Itu lantaran harus menggeser rangka yang memang menyatu dengan deltabox bagian atas sampai 5cm.

“Hasil ubahan benar-benar mulus, hampir tidak ada bekas potongan deltabox. Memang ongkosnya lebih mahal, tapi kualitas dan hasil pengelasan enggak diragukan. Apalagi untuk mengikat mesin yang bergetar,” urai Lerry.

Totalitas membangun trail bergenre supermoto ini sempurna diwujudkan Lerry Rahmat Rizki. ”Memang trial dan error saat proses pengerjaan selalu ada. Tapi tentu harus sabar dan mencari solusi terbaik,”  ujar Lerry, modifikator yang sampai saat ini masih membujang ini.

Sejarah motor ini lumayan panjang. dan beberapa kali ganti modifikator. Yang tersisa hanya mesin diambil dari bulider lain karena gagal konsep.

KAKI APRILLIA SXV
Enggak mau dibilang taggung, proses ubahan motor juga mengandalkan kaki-kaki limbah yang terbilang sangat spesial. Upside down dan lengan ayun diambil dari copotan limbah Aprillia SXV.

Istimewanya kaki-kaki Aprillia SXV ini lantaran besutan  yang aslinya memang diluncurkan pabrikan Italia sebagai besutan Hypermotard. “Jadi, memang nyambung dengan konsep supermoto,” jelas Lerry.

Memang perlu dana lebih untuk menebus kaki-kaki Aprillia SXV ini apalagi barangnya sangat terbatas dan besutan ini juga pernah jadi jawara kejuaraan supermoto dunia. Alhasil limbah kaki-kakinya banyak diburu pecinta besutan supermoto.

Bagian roda menjadi lebih kekar setelah megaplikasi pelek lebar untuk depan 3,5 inci dan belakang 4,5 inci. Keduanya dibalut ban Michellin Pivot One. Sedangkan tromol aftermarket pakai produk aftermarket berlabel Talon. Kabarnya hub tipe ini juga jadi andalan tim balap yang turun di kejuaraan supermoto dunia.   (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan  : Michelin 120/70/17
Ban belakang  : Michelin 160/60/17
Sok belakang   : Marzhocci
Bodi  : Suzuki RMZ 450
CCB : 0817 008 9400

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s