Satria FU150 Modifikasi, Oleh-Oleh Turing Bandung

Tematis All About Suzuki Satria FU150

OTOMOTIFNET – Ikut komunitas emang banyak manfaat yang didapat. “Salah satunya bisa menambah referensi bengkel modifikasi,” buka Herry ‘Casper’, salah satu anggota Cibinong Satria Club (CISC) yang juga pembesut Suzuki Satria FU150 keluaran 2009.

Buktinya, saat CISC akan turing ke Bandung selama 3 hari, Casper bertanya pada teman-temannya, ada enggak bengkel modifikasi bagus di sana.

“Ternyata ada kenalan bengkel airbrush bagus. Dan menjadi langganan anak club Satria Bandung,” bebernya. Maka, terpikir olehnya, untuk sekalian memermak tunggangan kesayangannya itu.

Benar juga, sesampai di kota Kembang, Casper enggak langsung ke tempat penginapan. Malah menuju Bhen’s Airbrush (BA), di Jl. Pasundan No. 67, Balungan, Bandung, Jabar. Bengkel ini dipegang Rahmat Mulyana Sumantri, alias Kang Beben.

“Halo Kang Beben, apa kabarnya? Kang, gue mau ngecat motor nih. Motifnya grafis, warna dasarnya ikutin aslinya ya!” cerita pria yang tinggal di daerah Cibiriung, Cibinong, Jabar, sambil mengenang saat menyerahkan motornya.

Setelah 3 hari, wajah baru yang disemprot cat Sikkens ternyata selesai. Sehingga saat kembali ke kota asal, penampilan motor bertransmisi 6 speed ini telah berubah total. Wedeww… ekspres, nih!


Setang Honda Nova Dash, lebih rendah di banding bawaan standar

Biar makin resik dan kinclong, swing arm dikrom. Bisa ngaca euy!

Tapi emang gitu doang? Belum! Sebab, dirasakannya ada yang kurang sreg dengan tampang barunya. Apa ya? Ternyata bagian kaki-kaki standar kurang mendukung tampilan motif baju baru.

Akhirnya kembali dilakukan modifikasi. Kedua pelek palang orisinal diganti. Dipilihnya pelek jari-jari berlapis gold, berlabel Comet model U-shape 1,40 x 17 di depan dan 1,60 x 17 untuk belakang.

“Kalau ban depan pakai Comet M1 ukuran 70/80-17. Bagian belakangnya dari FDR Genzi profilnya 80/80-17,” lanjut Casper. Sedang teromol depan diadopsi dari Kawasaki Ninja 150R, sedang di bagian belakang tetap standarnya.

Untuk menambah tampilan jadi resik dan kinclong, ada beberapa part yang dikrom. Mulai swing arm, sokbreker depan, footstep depan-belakang, kick starter, behel belakang, segitiga atas-bawah, setang kemudi, master rem depan-belakang, kaliper depan-belakang, handel rem dan kopling, sampai standar tengah dan samping.


Biar gak kelihatan standar banged, saluran gas buang pake DBS

Tampilan sudah keren, ternyata mesin tidak dijamah, karena menurut Casper standarnya saja sudah kencang. Hanya mengaplikasi CDI dari BRT tipe dualband, dan knalpot DBS. “Biar enggak kelihatan std (standar, red) banget gitu!” ujarnya.

“Oh iya, semua pengerjaan juga dibantu teman-teman klub dan bengkel 4 Stroke Clinique, di Jl. Raya Cipayung, Cibinong, Jabar. Mulai dari cari spare-part aftermarket, sampai bongkar pasang,” tutupnya.

Boljug! (Boleh juga,red).

Data Modifikasi:
Bodi : Airbrush Grafis, Sikkens
Ban dpn-blkg: Comet M1 70/80-17 & FDR Genzi 0/80-17
Pelek dpn-blkg: Comet U-shape, 140-17 & 160-17
Setang: Standar dikrom
Sokbreker depan: Standar dikrom
Swing arm: Standar dikrom
CDI: BRT dualband
Knalpot: DBS
Bhen’s airbrush: 022-7049 7838
4 stroke Clinique: 021-9544 4550

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s