Suzuki Satria F-150 2005, Sepatu Kaca Dari Pademangan

Modifikasi Suzuki Satria F-150 2005

Bagai dongeng Cinderella yang impiannya terwujud setelah memiliki sepatu kaca pemberian Sang Peri. Itu Yang dialami langsung Samsul Bahri, tak ubahnya macam cerita puteri yang punya akhir cerita bahagia itu. “Impian punya motor kinclong akhirnya terwujud,” aku pemilik Suzuki Satria F-150 yang tinggal di Pademangan, Jakarta Utara.

Dibilang sepatu, tentu enggak jauh dari alas kaki. Begitu juga di Satria F-150 ini. Daya tariknya, ada di kaki-kaki. Sektor ini, seakan bersinar walau tanpa lampu. Enggak percaya? lihat aja sokbreker depan, lengan ayun, teromol pelek, cover blok mesin dan cover kepala silinder. Semua dibikin tampil kinclong!

“Bagian yang punyai kandungan logam ini dilapis krom dulu sebelum disiram cat. Supaya, warna itu nantinya memberikan efek menyala yang konsisten,” kata Cristoforus Megi, selaku ‘peri’ airbrusher dari Shegi Custom Paint di Jl. Taman Permata Indah, RT 01/07, Jakarta Utara.

Memang, proses pengerjaan tergolong rumit. Butuh kesabaran karena membutuhkan pengampelasan yang cukup banyak. “Setelah tahap krom dan ampelas, lebih bagus lagi jika dipernish clear terlebih dahulu sebelum ditiban cat. Jadi, warna yang timbul nantinya tidak redup,” tambah pria akrab disapa Megi ini.

Demi menghasilkan warna yang menyala, tentu dibutuhkan jenis candy tone yang secara harafiah disebut cat permen. He..he..he… Selain memiliki warna lebih cerah, cat ini juga tidak menutup lapisan warna yang ada di bawahnya. Makanya jika didukung dasar yang mengkilap macam krom, hasilnya pasti menimbulkan efek pantulan seperti kaca.

Meski tampilan pacuan tetap mengandalkan bodi standar. Justru malah menambah nilai plus. Soale, konsep yang diusung mengadopsi aliran racing look. Yup, macam gaya Satria F-150 di Thailand. Mendukung tema racing look, pemakaian beberapa komponen pendukung juga diperlukan.

Knalpot, pijakan kaki dan setang yang memang lazim digunakan di ajang drag bike. Ban dan pelek juga tidak mau kalah. “Malah sengaja diganti pakai pelek jari-jari. Ditambah ban tipe slick agar wajah motor juga tetap terlihat garang,” bilang Samsul yang berkata kalau motor ini sempat berkecimpung di arena balap liar. Wah, tobat cuy. Main contezt aja!

He..he..he.. (motorplus.otomotifnet.com)

Sesuai Kebutuhan

Karena bertujuan untuk ajang contezt, tentu varian warna pada bodi motor tidak boleh sebatas satu sampai tiga warna. Hal ini, bisa berpengaruh besar saat penilaian.

“Warna sebisa mungkin harus banyak dan bervariasi. Dan didominasi kelir cerah seperti hijau, kuning dan ungu,” tegas Samsul yang masih berusia 18 tahun ini.

Jika dihitung, kelir di Satria F-150 ini terdiri lebih dari 5 warna. Bisa 7 atau mungkin 10 warna. Namun dari sekian banyak warna, tidak satu pun dibiarkan dominan.

Tentu bukan tanpa sebab. Karena memang untuk mengejar tampilan cerah. Kalau terdapat hitam, hanya sebatas pendukung. Bisa juga dibilang sebagai pemisah antar warna demi perpindahan smooth dari satu warna ke warna lain.

 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow Drag 50/90-17
Ban belakang : Swallow Drag 60/80-17
Knalpot : DBS
Setang : Baros
Sokbreker : Yoko
Shegy Custom Paint : (021) 989-88885

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s